Senin, 29 November 2010

Budaya Partisipatif

Budaya partisipatif merupakan kata baru dalam referensi, tetapi berlawanan dengan budaya Konsumen - dengan kata lain budaya di mana orang pribadi (masyarakat) tidak bertindak sebagai konsumen saja, tetapi juga sebagai kontributor atau produsen ( prosumers ). Istilah ini paling sering diterapkan pada produksi atau penciptaan beberapa jenis media yang diterbitkan . Sebagai teknologi terus untuk mengaktifkan jalan baru untuk komunikasi, kolaborasi, dan sirkulasi ide-ide, itu juga menimbulkan peluang baru bagi konsumen untuk membuat konten mereka sendiri. Hambatan seperti waktu dan uang mulai menjadi kurang signifikan terhadap kelompok besar konsumen.
Misalnya, pembuatan film sekali dibutuhkan dalam jumlah besar peralatan mahal, tapi sekarang klip video dapat dibuat dengan peralatan yang terjangkau untuk semakin banyak orang.
Kemudahan yang konsumen menciptakan materi baru juga telah tumbuh. Pengetahuan yang luas pemrograman komputer tidak lagi diperlukan untuk membuat konten di internet. Dalam budaya partisipatif "orang-orang muda kreatif menanggapi sejumlah besar sinyal elektronik dan komoditas budaya dengan cara yang mengejutkan pembuat mereka, menemukan arti dan identitas tidak pernah dimaksudkan untuk berada di sana dan menentang nostrums sederhana yang meratapi manipulasi atau kepasifan dari" konsumen ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar