Rabu, 18 April 2012

Arsitektur Games

Arsitektur adalah sebuah ilmu yang mempelajari tata ruang atau seni menata sebuah objek. Objek di sini bisa saja sebuah ruangan, bangunan atau bisa juga sebuah objek yang tidak nyata. Kita ambil contoh nya sebuah objek yang tidak nyata tersebut adalah sebuah game.


Dalam pembuatan nya, game tersebut di harus kan memiliki arsitektur yang juga berfungsi sebagai penarik minat para gamer untuk memainkan game tersebut.
Dalam membuat sebuah game saja misal nya, di butuhkan sebuah perangkat lunak (software) untuk membuat, mendesain, dan memasukan coding agar game terebut berjalan sebagaimanamestinya.


Ada beberapa tahap apabila kita ingin merancang sebuah game. Pertama kita siapkan dahulu sebuah konsep dari sebuah game tersebut, karena dari konsep tersebut akan memudahkan kita nanti nya dalam mendesain maupun dalam tahap memprogram game tersebut hingga tahap implementasi game. Dari konsep juga kita bisa melihat garis besar dari sebuah game tersebut.


Apabila telah selesai menyusun konsep, maka selanjut nya adalah tahap programing. Di sini kita memprogram game tersebut dari desain hingga logika berjalan nya game tersebut. Setelah selesai tahap programing, lalu tahap selanjut nya adalah implementasi atau pelaksanaan. pada tahap ini bisa juga disebut dengan tahap uji coba game, apakah game tersebut dapat berjalan lancar ataukah masih ada bug yang harus di benah.


Arsitektur game yang dapat digunakan kembali untuk game lain bisa disebut sebagai sebuah game engine. Sebuah game engine yang baik harus memiliki fitur‐fitur yang akan dibutuhkan dalam game, mulai dari graphic 2D atau 3D, audio, AI, networking, dan lain‐lain. Berikut adalah contoh dari game engine yang telah ada :

  • the 3D gamemaker
  • Game Maker
  • Unity 3D (artikel terkait)
  • RPG maker



Tidak ada komentar:

Posting Komentar