Rabu, 18 April 2012

Unity 3D (software pembuat game)

Dari  tulisan Arsitektur Game tadi kita telah mengetahui bagaimana tahap-tahap pembuatan sebuah game. sekarang saya akan menjelaskan game engine. ada banyak sekali software - software game engine yang telah beredar sekarang ini. Dari yang free atau yang gratis hingga berlisensi atau berbayar. Dari sekian banyak sofware -software tersebut di sini saya akan menjelaskan atau mengenalkan (bagi yang belum tahu) apa itu Unity 3D.

Unity 3D adalah sebuah game developer software yaitu sebuah software game engine pembuat game. Unity 3D adalah alat authoring yang terintegrasi untuk menciptakan video game 3D atau konten interaktif lainnya seperti visualisasi arsitektur atau real-time animasi 3D. Lingkungan pengembangan Unity 3D yang berjalan pada Microsoft Windows dan Mac OS X, dan game yang dihasilkan dapat dijalankan pada Windows, Mac, Xbox 360, PlayStation 3, Wii, iPad, iPhone, serta platform Android. 

Unity 3D tersedia dalam dua versi, ada yang free dan ada juga yang berlisensi. Tentu saja ada fitur-fitur atau tool - tool yang di tonjolkan apabila kita memiliki unity 3D yang versi berlisensi. Saya kurang begitu tahu fitur-fitur apa saja yang ada dalam versi bayar karena di sini saya hanya pakai versi free.

Unity 3D juga memiliki kemampuan mengekspor game untuk fungsional Tahap 3D Adobe di Flash, tapi fitur tersebut di  webplayer tidak bisa digunakan karena keterbatasan yang ada di Flash. unity 3d sebenarnya hampir mirip seperti Director, Blender game engine, Virtools, Torque Game Builder, and Gamestudio, yang menggunakan juga graphical environment sebagai metode utama dalam pembuatan game. 


Bagi programer yang jago java dan C#, unity adalah salah satu game engine yang mendukung bahasa pemrograman tersebut yang juga merupakan salah satu dari kelebihan unity 3D. Untuk lebih mengetahui tentang unity 3D atau ingin mendownload unity 3D bisa langsung klik link yang ada di bawah ini.

2 komentar:

  1. thanks banget sob... kunjungi blogku ya :) http://blogseno.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hei kawan, karena kita ini mahasiswa Gunadarma, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma.
    Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori.
    link studentsite.gunadarma.ac.id

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini hanum.staff.gunadarma.ac.id

    makasi :)

    BalasHapus